Pertemuan Tiga; Letak dan Luas wilayah Indonesia

Assalamualaikum, selamat pagi anak-anakku semua. semoga kita semua selalu mendapatkan keberkahan serta kemudahan dan kesehatan dalam melaksanakan kegiatan kita sehari-hari. Aamiin.

Selanjutnya, sebelum kita memulai pembelajaran kita hari ini, mari kita menundukkan kepala, berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Berdo'a dimulai!

Silahkan membuka buku Paket IPS yang telah kalian pinjam kemarin, jika ada yang belum punya, silahkan melihat di lampiran PDF yang bapak berikan di bawah.

Anak-anakku, kita lanjutkan kembali pembelajaran kita yang lalu mengenai luas wilayah Indonesia, kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara tidak ekstrim (tidak jauh berbeda antarmusim), sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan baik di dalam atau diluar rumah. Di daerah lintang sedang kondisi cuaca sangat berbeda antar musim.

Pada musim dingin, suhu udara dapat mencapai dibawah 0 derajat celcius, sehingga sering terjadi hujan salju yang menutupi jalan dan fasilitas lainnya. Akibatnya, kegiatan manusia banyak yang terganggu.
Sebaliknya, pada musim panas suhu udara dapat mencapai lebih dari 40 derajat celcius, sehingga sangat tidak nyaman beraktivitas di dalam dan diluar ruangan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat lampiran berikut ini;


Komentar

Postingan Populer