Kelas 9, Ini Kisi-kisi USBN IPS 2017 Kurikulum KTSP 2006 yang Harus Kamu Ketahui!

Di tahun 2017 ini, yang duduk di bangku SMP Kelas 9 juga akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Untuk SMP, mata pelajaran yang diujikan dalam USBN 2017 ialah Pendidikan Agama, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).
Sama seperti USBN tingkat SMA, pada soal USBN tingkat SMP terbagi menjadi tiga jenis level kognitif, yakni level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, dan Penalaran. Meski demikian, berbeda dengan USBN SMA yang kisi-kisinya tidak terlalu berbeda antaran sekolah dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dengan Kurikulum 2013, kisi-kisi USBN SMP antar kurikulum sangat berbeda.
Untuk itu, Quipper akan membantumu mempersiapkan diri untuk menghadapi USBN IPS 2017 untuk kurikulum KTSP 2006. Yuk, langsung saja simak kisi-kisinya!

Jika ingin langsung latihan Online, klik disini ya!

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) 2017 lihat Disini!, lalu donwload.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2017 lihat Disini


Materi Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer dan Kependudukan

Materi ini memiliki beberapa sub materi yang terdiri dari keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk, proses pembentukan muka bumi, gejala atmosfer, gejala hidrosfer, kondisi geografik dengan penduduk, peta, atlas dan globe, Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju, hingga benua dan samudera. Dari sebagian besar sub materi itu, terlihat bahwa materi pertama ini sebagian besar merupakan materi pelajaran Geografi.
Sub materi itu muncul di tiap level kognitif. Untuk dapat menghadapi soal dengan level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, kamu harus sudah bisa menjelaskan dasar pengertian dari masing-masing sub materi tersebut. Selain itu, kamu harus bisa menyebutkan beberapa negara yang berada di Asia Tenggara, contoh-contoh negara berkembang dan negara maju.
Lalu, untuk soal level Aplikasi, kamu akan menghadapi beberapa soal yang mengharuskanmu untuk mengelompokkan, menemukkan, hingga mengintepretasikan beberapa contoh kasus dalam soal. Biasanya, soal level ini akan muncul dalam varian soal pilihan ganda.
Dan, untuk level kognitif Penalaran, kamu akan bertemu dengan soal yang mengharuskan kamu menganalisis, membuktikan, hingga mensintesiskan suatu permasalahan dalam contoh kasus di soal yang ada. Pada soal level ini, tidak semua sub materi tersebut muncul di soal.
Hanya sub materi keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk, proses pembentukan muka bumi, dan kondisi geografik dengan penduduk. Kemungkinan besar, ketiga sub materi itu akan berupa soal uraian karena ada bagian di mana kamu harus menganalisis contoh kasus dalam soal.

Informasi USBN 2017 Paling Lengkap!

Materi Sosialisasi dan Perubahan Sosial

Dari judul materinya, dapat dikatakan bahwa materi kedua ini diambil dari mata pelajaran sosiologi. Di dalam materi ini, kamu harus mempelajari sub materi tentang penduduk, proses sosial, bentuk-bentuk interaksi sosial, perubahan sosial, penyimpangan sosial, dan lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan.
Seluruh sub materi itu ada dalam tiap level kognitif soal. Pada level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, kamu akan menemukan beragam soal mengenai definisi, mengidentifikasi, hingga ciri-ciri dari masing-masing sub materi yang ada. Adapun, kemungkinan besar soal level ini akan berupa pilihan ganda.
Kemudian, untuk level Aplikasi, soal yang muncul akan menguji kamu dalam hal pemahaman tingkat lanjut dari sub materi dalam materi sosialisasi dan perubahan sosial. Kamu harus sudah bisa mengklasifikasi, mengintepretasi, hingga memberikan dan menemukan contoh dari masing-masing sub materi yang ada.
Untuk level Penalaran, kamu harus sudah bisa menganalisis berbagai contoh kasus sosial yang ada dalam soal. Kamu harus bisa menyimpulkan kategorisasi fenomena sosial apa yang muncul dalam soal yang ada.
Adapun, kemungkinan besar pada level analisis sosial ini akan terdapat dalam bentuk soal uraian. Jadi, kamu harus sudah mempersiapkan diri ya Quipperian.

Materi Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra-aksara Sampai dengan Mempertahankan NKRI

Materi ini berkaitan dengan mata pelajaran Sejarah. Di dalam materi ketiga ini, kamu harus mempelajari sub materi mengenai sejarah sosial masyarakat pada masa pra-aksara, Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi, hingga keadaan masyarakat pasca proklamasi kemerdekaan dari berbagai sisinya.
Tiap sub materi itu akan kamu temukan dalam tiap level kognitif soal. Untuk level Pengetahuan dan Pemahaman, kamu akan berhadapan dengan soal-soal yang mengharuskan kamu menyebutkan, menunjukkan, hingga memberikan contoh terkait peristiwa sejarah ataupun keadaan masyarakat sesuai dengan masanya. Mulai dari keadaan sosial, ekonomi, hingga budayanya.
Untuk soal level kognitif Aplikasi, kamu akan dihadapkan pada soal dengan contoh kasus. Di level ini, kamu harus bisa menjawab soal dengan menentukan, membedakan, hingga menghubungkan beberapa contoh kasus sejarah yang ada dalam soal. Kemungkinan besar, soal tipe level ini akan berupa pilihan ganda dan uraian.
Lalu, untuk level Penalaran, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan yang mengharuskan kamu menganalisis contoh kasus, mengindentifikasi sekaligus menjelaskan peristiwa sejarah, hingga menyimpulkan latar belakang peristiwa bersejarah.
Di level kognitif ini ada dua sub materi tambahan, yakni sub materi kolonialisme dan liberalisme. Berdasarkan beban soalnya, kemungkinan soal level kognitif Penalaran akan berupa uraian.

Materi Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama, dan Lembaga Ekonomi Internasional

Nah, untuk materi ini kemungkinan besar berasal dari pelajaran Ekonomi. Dalam materi ini terdapat tujuh sub materi. Ketujuh sub materi itu terdiri dari pelaku ekonomi, badan usaha, koperasi dan pasar, gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi, manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral, badan-badan kerjasama internasional/ regional, tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi, permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga, dan sub materi mengenai uang dan lembaga keuangan.
Pada soal level Pengetahuan dan Pemahaman, kamu akan menemui soal-soal yang mengharuskanmu menjawab pengertian dari berbagai teori dan pengetahuan pada sub materi tersebut. Kamu juga akan dihadapkan soal-soal yang mengharuskanmu mendeskripsikan masalah dalam contoh kasus.
Kemudian, pada level kognitif Aplikasi, kamu akan menghadapi soal-soal yang menguji daya pengaplikasian teori ekonomi dan pemahamanmu terhadap contoh kasus yang ada. Kamu harus bisa mengidentifikasi ataupun menyelesaikan masalah yang ada dalam contoh kasus soal. Ada kemungkinan, tipe soal level ini bisa muncul pada bentuk pilihan ganda dan uraian.
Level kognitif Penalaran materi ini sedikit berbeda dengan materi lainnya. Sebab, sub materi pada level ini hanya ada dua, yakni tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi, dan uang dan lembaga keuangan. Soal yang muncul dengan sub materi itu akan berupa contoh kasus ekonomi yang harus dianalisis.
Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar paham teori ekonomi yang sudah dipelajari di kelas. Penganalisisan itu kemungkinan harus kamu lakukan dengan lengkap dan jelas. Selain itu, melihat dari tingkat kesulitannya, soal level kognitif penalaran akan berupa soal uraian. Bagaimana Quipperian? Semoga informasi ini cukup membantumu dalam mempersiapkan USBN IPS 2017 untuk kurikulum KTSP 2006.
Kalau kamu membutuhkan latihan soal ataupun materi tambahan untuk belajar, kamu bisa mendapatkannya di Quipper Video. Semuanya itu dikemas dalam bentuk yang menyenangkan sehingga belajar menggunakan Quipper Video tidak akan menjemukan.
Kamu harus semangat ya dan jangan bergantung pada bocoran soal. Dengan persiapan yang maksimal, tentu nilaimu akan maksimal. Semangat ya guys!

Komentar

Postingan Populer